Thursday, 24 May 2012

SEKOLAH BERWAWASAN LINGKUNGAN!


Mungkin kalian masih bertanya-tanya. Jadi apasih sekolah berwawasan lingkungan? Kenapa penting banget sih? Apa gunanya sekolah berwawasan lingkungan? Kenapa keyboard itu ‘qwerty’ dan bukan ‘abcdef’(lho)? Untuk pertanyaan terakhir, tidak akan kita bahas disini.
Berdasarkan post sebelumnya, sekolah berwawasan lingkungan adalah sekolah yang mengaplikasikan pemeliharaan lingkungan dalam keseharian pembelajarannya. Bener gak tuh? Well, anggap aja bener.
Harapannya yaitu membuat sekolah menjadi hijau, sejuk, nyaman, indah, bersih, dan sehat, serta dapat meminimalisir dampak pemanasan global. Menurut Sutardja. Abdul Gani, (1982) ‘bahwa manusia sangat berperan dalam mengubah lingkungan, perubahan yang terjadi dari apa yang dilakukannya adalah berdampak positif maupun berdampak negatif bagi lingkungan itu sendiri dan bagi kehidupan yang terdapat disekitarnya.‘ Jadi, it’s up to us untuk membuat lingkungan kita jadi lebih baik.
Trus, kenapa lingkungan sekolah harus dijaga? Coba pikir deh lebih enak mana, makan deket tong sampah ato makan di tempat makan? Pasti kebanyakan orang normal  milih makan ditempatnya, kan? Dalam belajar juga sama, tempat yang tenang n bersih sangat mendukung proses belajar mengajar di sekolah, hasilnya mutu dan prestasi sekolah akan meningkat.
Kaya gimana, sih, sekolah berwawasan lingkungan? Ciri-cirinya bangunan sekolah tertata rapi, pemanfaatan lahan yang jelas, pohon pelindung yang hijau, taman sekolah yang indah, tidak dijumpai air yang tergenang, sampah tidak ada yang berserakan, udara bersih dan sejuk, suasana sekolah tenteram dan damai.
Walaupun sudah diterapkan di beberapa sekolah, masih ada sekolah yang pohon pelindung jarang, taman sekolah tidak terawat, drainase air limbah tidak lancar, sampah berserakan, iklim sekolah tidak kondusif. Apakah sekolahmu termasuk yang ini? Waspadalah!
Beberapa cara untuk sekolah meminimalisasi dampak pemanasan global dengan mengupayakan hal-hal sebagai berikut:
1.       mempelopori terciptanya Sekolah Berwawasan Lingkungan,
2.       menetapkan peruntukan lahan dan pekarangan sekolah secara jelas,
3.       menanam pohon pelindung dipekarangan sekolah dan disekitar sekolah,
4.       menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan sekolah,
5.       pemberdayaan warga sekolah mengelola lingkungan sekolah.
Untuk menunjang sekolah yang sehat harus ada guru yang mempeloporinya, melalui mata pelajaran yang diajarkan atau melalui kegiatan ekstrakurikuler. Pembelajaran tersebut harus dibiasakan diterapkan sehari-hari.
Nah, apa, sih, gunanya pohon? Jadi, pohon tu untuk menjaga kondisi udara dalam keadaan sejuk, nyaman, segar dan bersih, juga membantu mengurangi dampak yang ditimbulkan dari pemanasan global di lingkungan sekolah.
Lingkungan sekolah harus selalu dijaga kebersihannya. Sampah yang dihasilkan dimusnahkan dengan cara; membakar, menimbun dalam tanah, mendaur ulang, dijadikan kompos. Air yang digunakan disekolah selalu dalam keadaan bersih, dan tidak boleh adanya genangan air di pekarangan sekolah supaya gak becek dan menjadi sarang nyamuk n friends.
Nah, untuk mewujudkan sekolah berwawasan lingkungan, seluruh warga sekolah harus berpartipasi, dan peduli terhadap lingkungan sekolah, serta mau melestarikannya. Dengan begitu, kita ga cuma memperbaiki keadaan sekolah kita, tapi kita juga mengubah dunia menjadi lebih baik(weeiiss... gila bahasanya). Nah, bisa gak hitung ada berapa ‘sekolah berwawasan lingkungan’ di post ini? Ada hadiahnya! Oh ya, comment juga ya!

No comments:

Post a Comment

Post a Comment

 

blogger templates | Make Money Online