Thursday 24 May 2012

Apa itu Green School?


Mungkin kalian bertanya-tanya apa itu green school? Kenapa bumi lonjong? Kenapa kucing berantem sama anjing? Kenapa topiknya jadi menyimpang? Kita juga bingung...
So... secara harfiah, green school berasal dari bahasa inggris, yaitu green yang berarti ijo dan school yang berarti sekolah. Jadi dapat disimpulkan bahwa green school berarti ijo sekolah atau istilah yang lebih terkenal yaitu sekolah ijo.
Kenapa disebut sekolah ijo? Kita udah tau sekolah mengemudi itu untuk belajar nyetir, sekolah kedokteran untuk belajar jadi dokter, dan sekolah privat itu untuk belajar... ya belajar, untuk apalagi? Tapi gak seperti yang kita kira, sebenernya sekolah ijo bukan berarti sekolah untuk orang ijo.
Jadi kenapa disebut sekolah ijo? Marilah kita, maksud kami kalian, baca artikel berikut:
Sekolah ijo ada hubungannya sama Sekolah Berwawasan Lingkungan
Sekolah berwawasan lingkungan itu selain menjunjung tinggi pedidikan mat, ipa, ips, b.indo, n b.inggris, juga menjadikan pendidikan lingkungan salah satu prioritasnya. Jadi pendidikan lingkungan hidup sudah terintegrasi(gile bahasanya...) ke dalam program sekolah. Pendidikan lingkungan hidup teraplikasikan di kelas, kegiatan ekstrakurikuler dan saat istirahat sebagai proses pembiasaan agar ada perkembangan prilaku, sikap dari siswa untuk menghargai, mencintai dan memelihara lingkungan hidup juga menjadi kebiasaan sehari-hari.
Jadi, sebenarnya sekolah hijau dan sekolah sekolah berwawasan lingkungan itu sama, tapi istilah yang lebih terkenal adalah green school, bukan environment based school(ngarang namanya... peace) atau apalah.
Baca post selanjutnya untuk mendalami sekolah ‘Sekolah Berwawasan Lingkungan’ atau sebutan kami ‘Environment Based School’.

No comments:

Post a Comment

 

blogger templates | Make Money Online