Thursday 24 May 2012

Green school terbaik!

Sekolah bukan hanya soal transfer pengetahuan, tetapi sekolah adalah deskripsi atas realitas. Proses pendidikan di sekolah harus benar-benar mampu mengantarkan seseorang dalam menemukan jawaban-jawaban dari setiap persoalan yang mereka hadapi. Lingkungan belajar di sekolah secara tidak langsung telah ikut mempengaruhi pola pikir dan proses pendidikan di sekolah.Berikut adalah 14 sekolah berkelanjutan yang memiliki fasilitas hijau yang menakjubkan.

Green School, Bali, Indonesia

Green School adalah salah satu sekolah di dunia yang bangunannya terbuat dari batang bambu yang ramah lingkungan. Pendingin udaranya tidak lagi memakai Ac, melainkan kincir angin melalui terowongan bawah tanah. Tenaga listiknya menggunakan bio-gas yang terbuat dari kotoran hewan untuk menyalakan kompor. Tambak udang tempat budidaya, sekaligus peternakan sapi. Ditambah lagi arena olahraga, laboratorium, dan perpustakaan.
Sekolah ini digagas oleh seorang desainer dan pengusaha jewelry yang sukses, yaitu John Hardy.Terletak di desa Sibang Kaja, 30 km daei pusat kota Denpasar, Bali, Indonesia.
The Bridge School, China

The Bridge School adalah sekolah yang tidak hanya menyediakan tempat belajar, tetapi juga tempat pertemuan publik. Terletak di sebuah desa Xiashi, Cina.
Gedung sekolah ini terdiri dari jembatan bambu yang menghubungkan dua bersejarah toulou (benteng melingkar yang terbuat dari barang bekas yang dikemas). Jendela dan pintu sekolahini terbuat dari bambu horisontal yang dapat digunakan untuk ventilasi udara.
Selain itu, sekolah ini juga memiliki suatu media yang berfungsi sebagai panggung untuk pertunjukan atau proyek-proyek masyarakat pada saat liburan sekolah.

Maosi Ecological Demonstration Primary School, China

Maosi Ecological Demonstration Primary School dibangun sebagai sebuah percobaan oleh Universitas Cina Hong Kong. Meskipun demikian, sekolah ini di bangun atas dasar kreativitas tinggi yang ramah lingkungan dan tidak memerlukan modal besar.
Bangunan sekolah ini terdiri dari 10 kelas dengan lantai yang terbuat dari batu bata lumpur tebal dengan gaya arsitektur tradisional setempat, bahan lokal lain juga digunakan unuk pembangunan seklah tersebu seperti daur ulang, puing-puing, jerami, dan alang-alang.

Manassas Park Elementary School, Virginia

Manassas Park Elementary School adalah salah satu sekolah Amerika ramah lingkungan, di Manassas. Virginia. Sekolah ini dibangun untuk menyembuhkan sifat ”deficit disorder” pada kalangan anak di sekolah.
Pemandangan sekolah yang banyak dihiasi oleh taman yang indah serta sejumlah ruang belajar outdoor yang sangat menarik. Luas sekolah ini 140.000 meter persegi yang dilengkapi dengan ekosistem sekitarnya.
Selain itu, sekolah ini juga memiliki 79.000 Bak penampungan air hujan, sistem pencahayaan, panas bumi dan sistem prediksi cuaca yang otomatis, serta sistem belajar di halaman dan ruangan yang dilengkapi dengan peralatan sekolah yang cukup menarik.

Sidwell Friends Middle School, Washington D.C.

Sidwell Friend Middle School adalah salah satu sekolah terhijau di Amerika, dengan constructed wetland, hemat air lansekap, panel fotovoltaik dan desain khusus. Sehingga gedung sekolah ini terlihat megah dan memiliki lingkungan yang bersahabat.
Sekolah ini dibangun dengan bahan lokal, regional dan bahan daur ulang dan Forest Stewardship Council-kayu yang berkualitas. Banyak ventilasi alami, atap hijau yang mampu menghilangkan polutan dari air hujan dan menyediakan ekosistem mini untuk satwa liar.

Martinet Primary School, Barcelona, Spanyol

Martinet Primary School dibangun menyerupai sarang lebah, dengan ubin warna-warni inset untuk kepentingan visual. Lubang-lubang kecil bertindak sebagai tabir surya, menjaga sinar matahari yang sewaktu-waktu memanas, gedung ini juga menyediakan ventilasi alami. Ubin ditetapkan pada sudut yang tepat untuk satu sama lain dan barat-menghadap sisi yang berkaca-kaca dalam tiga nuansa warna hijau sementara yang menghadap ke timur yang dicat dengan warna musim gugur.

Hawaii Preparatory Academy, Hawaii

Hawaii Preparatory Academy adalah sekolah yang terletak di tengah lautan, berukuran 6.112 meter persegi. Memiliki fasilitas Lab Energi dan area kelas indoor, outdoor, ruang konferensi, dan proyek yang penuh dengan lokakarya pada lahan 216 hektar.

Sra Pou Vocational School, Cambodia

Sra Pou Vocational School dibangun oleh para buruh yang telah mendapat pelatihan khusus tentang arsitek di sekitar sekolah. Bangunan sekolah ini terlihat begitu ceria dan menyenangkan karena terdiri dari batu bata lokal yang memberikan nuansa struktural dari Sekolah Kejuruan Sra Pou di Kamboja, jendela warna-warni yang dibuat dengan kerajinan tangan, serta jendela yang dapat dibuka atau ditutup untuk mengontrol pencahayaan interior dan ventilasi.

Green Mountain College, Poultney, Vermont

Green Mountain College adalah salah satu perguruan tinggi yang hijau dan ramah lingkungan. Kampus ini memiliki fasilitas biomassa sendiri, menggunakan listrik yang dihasilkan dengan mengekstraksi gas metana dari kotoran pada peternakan, dan memproduksi tumbuhan organik. Kampus ini menekankan pada kelestarian lingkungan sebagai elemen penting dalam studinya selama 4 tahun.

Michael J. Homer Science and Student Life Center, Atherton, California

Michael J. Homer Science and Student Life Center adalah sekolah yang tidak hanya menyediakan tempat belajar, tetapi juga mampu menghasilkan buah-buahan organik dan sayuran tumbuh di taman sekolah yang dikelola oleh para siswa.
Sekolah ini menghemat energi sebanyak 69% kurang dari sekolah biasa dengan ukuran yang sama, Atap yang memiliki banyak fungsi, 40 kilowatt sistem surya fotovoltaik, 73 skylight, hemat, dan tahan kekeringan.

Umeå University Architecture Academy, Swedia

Umeå University Arsitektur Akademi adalah sekolah yang memiliki sistem HVAC dan telah membantu mengurangi penggunaan energi sebesar 50% . Pengaturan udara di gedung sekolah yang luar biasa karena udara segar ditarik ke dalam gedung dari bawah lantai dan disebarkan ke seluruh interior menggunakan pipa berlubang.

ASU Walter Cronkite School of Journalism, Phoenix, Arizona

ASU Walter Cronkite School of Journalism adalah sekolah Jurnalistik yang memiliki bangunan bangunan yang menakjubkan di pusat kota Phoenix. Terlihat seperti di padang pasir yang memiliki logam multi-panel yang berwarna dalam sebuah pola.Selain itu, sekolah ini memiliki fasilitas 6 fitur layar matahari untuk menjaga pemanasan bangunan dari cahaya matahari.

Howe Dell Primary School, Hatfield, U.K.

Howe Dell Primary School adalah terhijau di Inggris. Meliki sebuah bangunan dengan sistem transfer Interseasonal yang dibangun di taman sekolah. Sistem ini mampu mengambil panas dari sinar matahari yang jatuh di aspal taman dan mampu menyimpan di bawah tanah yang kemudian mampu melepaskannya pada musim dingin.

School of Art, Design and Media at Nanyang Technological University, Singapore

School of Art, Design and Media at Nanyang Technological University adalah salah satu sekolah yang memiliki nuansa seni tingkat tinggi. Atap sekolah di desain secara visual dengan karpet hijau yang menyapu dan mengelilingi sekolah. Sehingga atap hijau ini dapat menciptakan ruang terbuka yang hijau untuk pertemuan dan mendinginkan udara di sekitarnya.

No comments:

Post a Comment

 

blogger templates | Make Money Online